SKCK Online POLRESTA DEPOK – Mudah, Singkat, Cepat, Akurat

Bagi warga Depok yang ingin mendaftarkan diri menjadi PNS, karyawan BUMN, calon mahasiswa PTN, atau yang mau nyaleg dan butuh Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa kita sebut SKCK, ada kabar bahagia, lho. Buat SKCK sekarang sudah gak ribet! Kita sudah tidak perlu menggunakan birokrasi panjang yang mengharuskan membawa surat pengantar dari Kelurahan. “Sudah tidak berlaku sejak tahun 2015.” Ujar salah seorang petugas loket di ruang SKCK. Wah, sudah sejak 2015? Tapi kok banyak yang belum tahu? Apakah kurang dalam penginformasiannya? Baiklah, bagi teman-teman warga Depok yang ingin membuat SKCK di POLRESTA Depok, aku akan memberitahu tips jitu agar setibanya di sana tidak bingung lagi.

Berkas-berkas yang perlu dibawa diantaranya:

  1. Fotocopy KTP 1 lembar
  2. Fotocopy akte lahir atau surat keterangan lahir dari kelurahan 1 lembar
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  4. Foto berukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar

Begini lho, teman-teman. Sebagai wujud implementasi program prioritas kapolri dimana salah satunya adalah “peningkatan pelayanan  publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi” Polresta Depok melakukan terobosan pelayanan publik dimana salah satunya adalah SKCK online yang dapat diakses di polrestadepok.skckonline.id.

Jadi sebelum teman-teman berangkat ke Polresta Depok, ada baiknya teman-teman membuat akun terlebih dahulu karena ketika tiba di Polresta Depok, petugas akan meminta teman-teman untuk mengakses SKCK online. Lalu bagaimana langkah-langkah pengisiannya?

  1. Akses ke alamat polrestadepok.skckonline.id
    Tampilannya akan seperti di bawah ini. Cara mengisinya sama dengan ketika teman-teman membuat akun facebook! Masukkan username teman-teman, alamat email, dan password. Untuk username-nya, diminta tidak lebih dari 15 karakter. Lalu klik Daftar dan voila! Data pribadi teman-teman sudah terdaftar di database Polresta Depok. Mudah, bukan? Bisa diakses di PC browser atau handphone, ya.

    sumber: website polresta depok

  1. Setelah terdaftar, maka teman-teman diharuskan untuk login.

    sumber: website polresta depok

  2. Setelah berhasil login, teman-teman diharuskan untuk klik Buat SKCK Baru.

    sumber: polresta depok

  3. Setelah itu, teman-teman akan diminta mengisi beberapa field kosong yang berisikan informasi pribadi, informasi pasangan (bagi yang sudah menikah, ya! Kalau masih single jangan bingung! Karena memang belum ada, hehe), informasi orangtua, dan informasi lainnya. Isi dengan jujur, ya!

    sumber: website polresta depok

  4. Klik simpan dan Keluar

Untuk pelayanan SKCK yang sudah dapatkan kode booking atau pendaftaran, cukup tunjukkan kode pendaftaran kepada petugas, ya!

Nah, bagi teman-teman yang baru pertama kali membuat SKCK, daripada membuang waktu menunggu instruksi dari petugas, aku punya tips jitu lainnya selain mendaftar secara online terlebih dahulu. Apa saja, sih?

  1. Bawa pulpen!
    Walaupun sudah daftar secara online, teman-teman tetap akan diminta untuk mengisi form identitas pada saat akan melakukan pengambilan sidik jari.
  1. Setibanya di Polresta, teman-teman langsung saja melipir ke ruang identifikasi (tepatnya di sebelah ruang pembuatan SKCK) untuk melakukan pengambilan sidik jari. Disana akan ada petugas yang akan memberikan teman-teman form yang harus diisi. Jangan bingung bagaimana cara mengisinya, karena sudah ada panduannya yang tertempel di tembok. Kabar gembira lagi, untuk kedepannya akan digunakan sistem digital!
  2. Setelah selesai mengisi form, teman-teman serahkan form tersebut ke petugas kemudian petugas akan meminta dua lembar foto 4 x 6 dengan latar belakang merah yang sudah teman-teman bawa untuk ditempel di form tersebut lalu cap kesepuluh sidik jari teman-teman di form tersebut.
  3. Setelah selesai, jangan main kabur saja. Minta form yang sudah diisi oleh petugas tentang rumus sidik jari teman-teman lalu di-fotocopy. Tempat fotocopynya pun ada di ruangan yang sama, jadi gak perlu pusing-pusing lagi.

    hasil sidik jari

  4. Serahkan berkas-berkas yang sudah dibawa (fotocopy KTP, fotocopy KK, fotocopy akta lahir, foto dengan latar belakang merah sebanyak 4 lembar) dan fotocopy rumus sidik jari yang baru saja dibuat tadi ke petugas di loket kemudian teman-teman akan mendapatkan nomor antrean.
  5. Ketika nomor antrean teman-teman dipanggil, berarti SKCK teman-teman sudah jadi. Yeay! Jangan lupa diperbanyak untuk dimintai legalisir.
  6. Jangan lupa pulang ke rumah masing-masing.

Begitulah serangkaian pembuatan SKCK yang tidak memerlukan waktu panjang dan ribet. Oh ya, ada baiknya untuk tiba disana sebelum jam 08:00 karena pembukaan pendaftaran mulai dari jam 08:00. Kebayang kan, kalau teman-teman semua sudah mengetahui hal-hal yang sudah aku sebutkan maka gak ada lagi tuh, antre yang sampai mengular.

SKCK online memang membuat semuanya menjadi mudah, singkat, cepat, dan akurat! Asalkan….. Teman-teman semua sudah tahu. Semoga bermanfaat!