Buku Favorit: Because You Are What You Read

Setiap orang memiliki berbagai hal yang paling mereka sukai. Seperti tempat yang paling disukai, momen yang paling disukai, makanan yang paling disukai, hewan yang paling disukai, orang yang paling disukai, dan lain-lain. Tidak terkecuali bagi setiap orang yang memiliki hobi membaca, pasti ada satu atau beberapa buku yang paling disukai.

Bagiku, membaca adalah suatu kegiatan yang sangat baik. Bahkan wahyu pertama yang diturunkan ke Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam adalah perintah untuk membaca.

Iqra’ bismi rabbikallazii khalaq

“Bacalah dengan (menyembut) nama Tuhanmu yang menciptakan.”

Tafsir dari ayat di atas sebenarnya adalah perintah untuk membaca  (mempelajari, meneliti, dan sebagainya) apa saja yang telah Allah ciptakan, baik ayat-ayatNya yang tersurat yaitu Al-Qur’an (qauliyah*) maupun yang tersirat yaitu alam semesta (kauniyah*). Membaca harus dengan menyebut nama Allah yaitu dengan tujuan memperoleh hasil yang diridhai yaitu ilmu atau sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.

Tentu saja membaca buku (selain kitab Al-Qur’an) pun sangat diperbolehkan. Namun dalam memilih buku yang akan kita baca tentunya tidak asal. Ada beberapa yang harus diperhatikan seperti konten dari bacaan serta siapa penulisnya karena apabila kita apa yang kita baca dapat mempengaruhi cara berpikir kita. Itulah pentingnya ber-tabayyun* terlebih dahulu dalam segala hal termasuk dalam memilih buku bacaan. Sebuah pepatah mengatakan, “You are what you read.

Kupilih Jalan Gerilya

Buku Kupilih Jalan Gerilya karya E. Rokajat Asura adalah sebuah novel sejarah yang menceritakan kisah perjuangan serta romantika hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman. Buku ini menjadi salah satu buku favorit tidak lain dikarenakan tokoh utama di dalam novel ini sendiri yaitu Jenderal Soedirman seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang aku kagumi.

Baca Juga:

Resensi Buku: Kupilih Jalan Gerilya – Roman Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman

Soedirman & Alfiah

Buku Soedirman & Alfiah karya E. Rokajat Asura adalah sebuah novel sejarah terusan dari Kupilih Jalan Gerilya. Novel ini lebih berfokus kepada kisah cinta dari Jenderal Soedirman dan sang istri Siti Alfiah. Buku ini menjadi salah satu buku favorit dikarenakan kisah cinta mereka yang begitu romantis dan penuh perjuangan. Dimulai dari Jenderal Soedirman yang awalnya tidak direstui oleh Paman dari Ibu Alfiah karena Jenderal Soedirman lahir dari keluarga biasa, ketika Jenderal Soedirman harus meninggalkan Ibu Alfiah saat dalam keadaan hamil karena harus bergerilya, sampai saat Jenderal Soedirman wafat dikarenakan sakit paru-paru yang dideritanya.

Novel ini banyak mengutip kata-kata romantis dan guyonan khas Jenderal Soedirman kepada Ibu Alfiah serta nasihat-nasihat yang ia berikan kepada istri dan anak-anaknya. Membaca novel ini, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil tentang pengorbanan seorang istri dan tanggung jawab seorang suami.

Wanita Berkarir Surga

Saat pertama membeli buku Wanita Berkarir Surga karya Felix Y. Siauw, aku pikir buku ini membahas tentang hakikat seorang wanita yang sebenarnya menurut agama Islam—berkarir dari rumah (penjelasan ini seharusnya akan sangat panjang sesuai dengan Ilmu Fiqih* Wanita). Setelah mulai membaca buku ini, memang tidak ada yang meleset sedikit pun tentang ekspektasiku saat di awal tapi buku ini tidak membahas mengenai karir sedikit pun melainkan membahas tentang feminis vs wanita sesuai dengan fitrahnya.

Kenapa buku ini menjadi salah satu buku favorit? Karena buku ini merupakan gerbang awal untuk mempelajari betapa indahnya Islam dalam mengatur seorang wanita di saat doktrin-doktrin feminis sudah menyebar di seluruh penjuru dunia yaitu: aturan-aturan Islam yang sangat mengekang wanita seperti dalam hal cara berpakaian, hak dan kewajiban seorang istri dan lain-lain (tentu saja penjelasan ini seharusnya akan sangat panjang sesuai dengan Ilmu Fiqih Wanita).

Muhammad Al-Fatih 1453

Buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw menceritakan kisah seorang Sultan di Turki yaitu Muhammad Al-Fatih atau dalam bahasa Turki Sultan Mehmet Al-Fatih. Sultan Mehmet Al-Fatih terkenal sebagai sang penakluk Konstantinopel yang merupakan penguasa Utsmani ketujuh. Jika menyukai sejarah Islam, buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca.

Menjadi salah satu buku favorit dikarenakan saat membaca buku ini aku dapat mengetahui bagaimana pemimpin Islam itu sangat bijaksana bahkan dalam perang sekali pun serta kegigihan Sultan Mehmet Al-Fatih dalam membenarkan perkataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” HR Ahmad bin Hanval Al Musnad.

Sejarah yang mengisahkan tentang perjuangan Sultan Mehmet Al-Fatih pun akan berkaitan dengan bangunan indah di Turki Masjid Hagia Sophia. Sebagai salah satu bucket list Negara yang akan dikunjungi, membaca buku ini dan mempelajari sejarahnya terasa begitu menyenangkan.

Sarah – Perempuan Penggenggam Cinta

Awal membeli buku Sarah karya Sinta Yudisia adalah dikarenakan aku sedang mempelajari Sirah Nabawiyah. Ketika ingin mempelajari Sirah Nabawiyah, tentunya harus ditarik dari Kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam.

Bagi umat muslim, nama Sarah sudah tidak asing lagi. Sarah merupakan istri pertama dari Nabi Ibrahim. Buku ini mengisahkan tentang pengorbanan seorang istri yang begitu mulia. Keputusannya untuk meminta dan mengizinkan Nabi Ibrahim untuk menikah lagi dikarenakan dirinya yang sudah berusia senja belum juga dapat memberikan keturunan, menjadi pengubah sejarah lahirnya Agama Islam. Keputusan Sarah bukanlah dikarenakan baper belaka melainkan karena Nabi Ibrahim membutuhkan seorang putra untuk meneruskan tugasnya itu mensyiarkan tauhid (mengesakan Allah).

Hajar – Perempuan Pilihan Langit

Sama seperti membeli buku Sarah, tujuan membeli buku Hajar karya Dian Yasmina Fajri adalah dikarenakan sedang mempelajari Sirah Nabawiyah.

Hajar merupakan istri kedua Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam. Dari Rahim Hajar, lahirlah seorang Ismail yang meneruskan risalah Ayahnya – Nabi Ibrahim yang mana Ismail adalah kakek buyut dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam. Begitulah hasil dari pengorbanan seorang Sarah, ia mengizinkan Nabi Ibrahim untuk menikahi Hajar yang dari rahimnya lahir seorang Putra bernama Ismail.

Buku ini menjadi buku favorit karena di dalam buku ini mengajarkan tentang bagaimana hakikat sebagai seorang istri yang taat terhadap suaminya. Buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarah Kota Mekkah dimana Kota Mekkah merupakan salah satu kota dari bucket list Negara yang ingin dikunjungi.

Biografi 60 Sahabat Rasulullah

Buku Biografi 60 Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam karya Khalid Muhammad Khalid merupakan buku yang menceritakan tentang 60 orang sahabat Rasul – orang-orang yang berjuang bersama dalam menyebarkan agama Islam bersama Rasulullah.

Buku biografi ini tidak menceritakan tentang khulafaur rasyidin (kekhalifahan Islam yang berdiri setelah meninggalnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam): Abu Bakar As Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib melainkan kisah 60 orang sahabat Rasul lainnya.

Kenapa buku ini menjadi salah satu buku favorit? Selain dikarenakan sedang mempelajari Sirah Nabawiyah, banyak sekali pesan moral yang didapatkan dari kisah-kisah para sahabat. Semua sahabat Rasulullah yang memiliki sifat kepempimpinan, memiliki sifat tawadhu*, memiliki sifat zuhud*, dan sifat-sifat mulia lainnya serta kecintaan mereka terhadap Allah subhanahu wa ta’alla dan juga Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam.

Baca Juga:

Mush’ab bin ‘Umair: Pemuda Quraisy yang Berani

Mush’ab bin ‘Umair: Duta Islam yang Pertama

Mush’ab bin ‘Umair: Mahkota Para Syuhada

***

Itulah buku-buku favorit yang ingin aku perkenalkan kepada para pembaca. Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Tapi pesanku adalah, buku apapun yang kamu baca setidaknya memberikan pengaruh yang baik terhadap kehidupanmu dan hubunganmu kepada Tuhan.

 

Catatan Kaki

*qauliyah: ayat-ayat berupa firman Allah yang bisa kita jumpai dalam kitab suci Al-Qur’an

*kauniyah: ayat-ayat Allah yang tidak terfirmankan atau terucapkan atau tertuliskan namun bisa dibuktikan melalui keadaan atau pun kejadian.

*tabayyun: meneliti terlebih dahulu

*ilmu fiqih: salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

*tawadhu: perilaku manusia yang mempunyai watak rendah hati, tidak sombong, tidak angkuh, atau merendahkan diri agar tidak kelihatan sombong

*zuhud: berperilaku sederhana, tidak mengejar dunia karena dunia hanya bersifat sementara

Author: Kartini

a beautiful girl didn't flirt, she simply smile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.