FRIEND ZONE THAI MOVIE – do not cross, no matter how close!

Ada yang bilang cewek dan cowok bersahabat itu bullshit. Sampai kapan pun mereka ga akan pernah bisa benar-benar bersahabat karena salah satu di antara mereka pasti akan ada yang jatuh cinta. Benarkah?

Adakah satu di antara kalian yang pernah mengalaminya? Atau, ketika membaca tulisan ini ada seseorang yang muncul di benak kalian lalu kalian secara tidak sadar mengangguk dan berkata dengan lirih, “Iya, betul.”

Mari kita lupakan sejenak tentang salah satu ada yang jatuh cinta karena tidak sedikit juga yang mengaku bahwa keduanya saling suka namun memutuskan untuk mengubur keinginan untuk saling memiliki karena alasan “takut kehilangan”. Sangat sulit menemukan seseorang seperti dirinya. Bila kami memutuskan untuk menjalin kasih dan suatu hari nanti hubungan kami tidak lancar seperti yang diinginkan, kami berpisah, dan kami pun akan kehilangan satu sama lain. Itulah yang disebut dengan FRIEND ZONE.

Kondisi yang kerap terjadi di hubungan pertemanan lintas gender itu diangkat menjadi sebuah film bergenre comedy-romance oleh Industri perfilman Thailand yang disutradarai oleh Chayanop Boonprakob. Sesuai dengan jalan ceritanya, FRIEND ZONE pun dijadikan sebagai judul film tersebut.

Kita dibawa ke beberapa tahun saat Gink yang diperankan oleh Baifern Pimchanok sedang menuju ke sekolahnya diantar oleh sang Ayah. Mereka terlihat sangat akrab sebagai hubungan Ayah dan anak. Ayah Gink terlihat seperti seorang Ayah yang begitu menyayangi keluarganya, dilihat dari betapa besar perhatiannya terhadap Gink dan berjanji untuk membelikan makanan kesukaan Gink sepulangnya dari luar kota untuk keperluan bisnis.

Gink pun masuk ke area sekolahnya setelah mengucapkan salam perpisahan kepada Ayahnya. Setelah Ayahnya sudah tidak terlihat dari pandangannya, Gink buru-buru lari ke belakang sekolah dan memanjat tembok untuk menemui Palm, sahabatnya yang diperankan oleh Nine Naphat Siangsomboon yang sudah menunggunya di dalam mobil untuk membuntuti Ayah Gink diam-diam.

saat memata-matai Ayah Gink

Dalam perjalanan memata-matai Ayah Gink yang dicurigai memiliki hubungan gelap dengan wanita lain, banyak kejadian lucu yang membuat gelak tawa pecah ketika menontonnya. Namun semuanya berubah menjadi sedih ketika Gink dan Palm tiba di hotel tempat Ayah Gink berada dan mendapati fakta bahwa Ayah Gink benar-benar memiliki hubungan gelap dengan wanita lain.

Gink begitu sedih dan sangat kecewa terhadap Ayahnya. Ia mengira segala perhatian dari Ayahnya untuk dirinya dan Ibunya adalah bentuk bukti bahwa Ayahnya adalah orang yang setia namun ternyata Gink salah besar. Untuk menenangkan Gink yang sedang terpukul, Palm pun mengatakan bahwa Gink tidak perlu sesedih itu karena Palm menyayanginya.

Gink memastikan kepada Palm tentang kasih sayang seperti apa yang Palm berikan kepadanya. Saat itu Palm terdiam sejenak, lalu ia menjawab bahwa kasih sayangnya cukup sebagai sahabat karena mereka tidak akan saling kehilangan apabila tetap menjadi sahabat. Gink sangat kecewa mendengar jawaban dari Palm sehingga Gink pun mendiamkan Palm berhari-hari sampai akhirnya Gink mengajak Palm bicara kembali namun di saat yang bersamaan ia memberitahu Palm kalau ia berkencan dengan Louis, teman sekolah mereka.

Saat itu Palm tersadar kalau ia sangat tidak menginginkan itu terjadi. Ia tidak rela Gink berkencan dengan laki-laki lain. Tapi Palm tidak dapat berbuat apa-apa karena keputusan yang sudah ia pilih saat Gink menanyai hubungan mereka.

Setelah menceritakan hubungan persahabatan Gink dan Palm semasa sekolah, lalu kita akan dibawa ke masa sepuluh tahun kemudian saat Palm menceritakan hubungannya dengan Gink ke beberapa tamu undangan pernikahan teman mereka yang memiliki nasib yang sama dengannya, yaitu terjebak friend zone.

Kita kembali dibawa ke masa lalu ketika Gink dan Palm sudah memiliki pekerjaan, Gink saat itu sudah putus dengan Louis dan memiliki kekasih baru bernama Ted yang tidak lain adalah partner kerjanya. Kisah asmara Gink dan Ted tidak selalu mulus karena Gink mencurigai Ted memiliki hubungan gelap dengan wanita lain, terlihat dari gerak geriknya yang mencurigakan.

saat Palm hanya bisa tersenyum ikhlas melihat Gink dan kekasihnya, Ted

Masalah mulai muncul ketika Gink berencana memata-matai Ted ketika berada di Myanmar. Ia meminta Palm untuk menemaninya. Palm yang berprofesi sebagai flight attendant pun tidak kesulitan untuk mengabulkan permintaan Gink. Di Myanmar, Gink pun benar-benar mendapati bahwa Ted selingkuh dari dirinya. Lagi, Palm lah yang selalu ada untuk dirinya.

kejadian konyol tak terduga saat berlibur

Untuk menghibur dirinya, Gink pun memutuskan untuk pergi berlibur ke sebuah pulau di Thailand dan mengajak Palm untuk berlibur bersamanya. Di sinilah puncak masalah terjadi. Palm menyatakan apa yang ia rasakan kepada Gink yang saat itu sedang menimbang-nimbang akan hubungannya dengan Ted. Gink pun menanyakan suatu hal kepada Palm apa jadinya bila mereka berpacaran? Saat itu juga, pikiran Palm berkecamuk, karena ia sadar inilah satu-satunya cara untuk merobek garis batas persahabatan mereka. Walaupun ia sadar konsekuensi yang akan didapatinya, apakah ini akan membawa awal kisah cinta atau mengahiri hubungan persahabatannya dengan Gink untuk selamanya.

betapa Palm menyayangi Gink

Apakah yang terjadi dengan mereka? Akankah Gink benar-benar memutuskan hubungannya dengan Ted dan memilih Palm, sahabatnya yang selalu ada untuk dirinya? Ataukah demi hubungan persahabatan mereka yang tiada akhir Gink memutuskan untuk tidak memilih Palm?

Film ini dikemas dengan sangat baik. Kejadian-kejadian konyol yang tidak terduga membuat film yang seharusnya sangat sedih dan sarat akan uraian air mata ini pun menjadi seimbang dan tidak monoton. Akting dari para pemain pun dapat diacungi jempol serta latar-latar yang diambil untuk film cukup menyenangkan dan membuat film terasa hidup.

Dear kalian yang terjebak friend zone, sepertinya kalian perlu menonton film ini. Awal-awal menonton film berdurasi 1 jam 59 menit ini, sepertinya aku akan memberikan rating 2 bintang. Tapi setelah selesai menonton film ini, aku berikan 4 bintang karena mendekati sempurna. Tonton, ya!

  • Judul : Friend Zone
  • Judul Lainnya : Friend Zone ระวัง..สิ้นสุดทางเพื่อน
  • Genre : Comedy, Romance
  • Sutradara : Chayanop Boonprakob
  • Penulis naskah : Chayanop Boonprakob
  • Negara : Thailand
  • Ditayangkan pada : 14 Februari 2019
  • Durasi : 1 jam 59 menit

P.S: Thanks to my friend Eben who told me about this movie.

Author: Kartini

a beautiful girl didn't flirt, she simply smile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.