Harga Kompetitif, Ini Rekomendasi Penginapan Dengan Konsep Rumah Kayu di Pangalengan

Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, stress karena jalanan macet, mabuk dengan desakan penumpang KRL yang tidak kunjung lenggang, ditambah tekanan batin karena atasan yang terus-menerus mendesak untuk kelarin pekerjaan? Kalau jawaban dari semua yang sudah aku sebutkan di atas adalah IYA, berarti sudah saatnya kamu menyempatkan dirimu untuk berlibur di akhir pekan.

Khusus untuk warga Jakarta, menyempatkan berlibur di akhir pekan yang terbatas ini bisa mendatangi kota-kota terdekat salah satunya adalah Kota Bandung. Jika biasanya kita memilih Lembang atau Ciwidey, ada baiknya   melipir ke selatan Bandung, yaitu Pangalengan. Cocok banget bagi yang teman-teman yang prefer bukit atau pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Untuk objek wisatanya, Pangalengan ini tidak kalah hits dari Ciwidey. Kita bisa mengunjungi Kebun Teh Malabar, Kebun Teh Kertamanah, Rahong, Situ Cileunca, Cukul Sunrise Point, dan masih banyak lagi.

Ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat kita merencanakan untuk pergi berlibur. Hal tersebut tidak lain adalah penginapan. Penginapan merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum waktu libur tiba. Di sini aku mau merekomendasikan penginapan yang lokasinya berada di tengah-tengah tempat wisata yang sedang hits di Pangalengan yang tadi sudah aku sebutkan. Nama penginapannya adalah Woodybed Pangalengan.

Sesuai dengan namanya, Woodybed Pangalengan ini adalah penginapan dengan konsep rumah kayu. Dari jauh tampak bangunan seperti rumah kayu di tengah-tengah kebun milik warga sekitar yang menambah keasrian bangunan. Mari kita intip fasilitas-fasilitas apa saja yang disediakan oleh Woodybed Pangalengan.

  • 6 Kamar Tidur
  • Perapian luar ruangan
  • Area piknik
  • Perabotan
  • Luar ruangan
  • Teras berjemur (rooftop)
  • Fasilitas BBQ (dengan biaya tambahan)
  • Taman
Kontak: +62 81245614551 (Mas Zia)

Alamat: Jl. Raya Pangalengan, Margamulya, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378

Instagram: woodybed.pangalengan

Harga per malam: Rp 350.000,- (update 28 September 2019) harga bisa saja berubah tergantung kebijakan manajemen penginapan.

Kondisi bangunan

Kondisi bangunan secara keseluruhan masih tergolong sangat baru dan kokoh. Terdapat lahan parkir yang luas sehingga tidak perlu khawatir untuk kesulitan menaruh kendaraan. Untuk keamanan pun tergolong sangat bagus karena ada pagar yang menutup bangunan, ada yang bergantian berjaga, serta untuk tamu yang membawa motor, motor akan dimasukkan ke dalam garasi.

view dari balkon kamar
sisi bangunan penginapan
lahan parkir luas (foto: woodybed pangalengan)

Kamar Tidur

Kamar tidur yang aku tempati adalah jenis superior terletak di lantai 2. Balkon di depan kamar kami langsung mengarah ke lahan perkebunan warga sekitar sementara jendela kamar kami langsung mengarah ke kebun tomat, sehingga kami bisa beristirahat sembari melihat aktivitas para petani.

kamar tidur (foto pribadi)

Kondisi kamar sangat bersih. Jangan khawatir sarung bantal, guling, sprei, selimut bekas tamu sebelumnya. Selain itu terdapat meja dan juga cermin. Yang paling membuat berkesan adalah, ini adalah penginapan pertama yang menyediakan sajadah. Pengelola sepertinya sudah mempelajari terlebih dahulu mengenai calon tamu yang akan menginap di penginapan miliknya.

tipe kamar lain (foto: woodybed pangalengan)

Kamar Mandi

Kamar mandi memang tidak berada di dalam kamar. Namun jangan khawatir, bukan berarti kamar mandi dipakai bersama-sama dengan tamu lain. Setiap satu kamar mendapatkan satu kunci kamar mandi sehingga sama saja dengan penginapan-penginapan lainnya, setiap satu kamar mendapatkan satu kamar mandi namun pembedanya hanyalah kamar mandi di Woodybed Pangalengan tidak berada di dalam kamar.

kondisi shower baik (foto: woodybed pangalengan)

Kondisi kamar mandi sangat bersih, flush toilet dalam kondisi yang sangat bagus serta peralatan mandi yang disediakan sangat lengkap. Jangan takut beku kedinginan karena Woodybed Pangalengan juga menyediakan pilihan air panas.

kondisi closet (foto: woodybed pangalengan)

Rooftop

dapat sarapan dengan view gunung (foto pribadi)

Salah satu keunggulan Woodybed Pangalengan adalah memiliki rooftop atau teras atas yang terletak di lantai 3. Dari rooftop kita dapat menikmati sarapan dengan view gunung, melihat sunrise saat pagi hari, menikmati angin sore sembari menyeruput teh hangat, serta memandangi hamparan bintang di malam hari. Selain itu, kita juga dapat melihat aktivitas petani tomat, sayur sawi, dan lain-lain yang sedang mengurus kebun mereka.

santai sore sembari menyeruput teh hangat dengan view kebun (foto pribadi)

Aula

Saat menginap kemarin aku memang tidak memakai fasilitas aula. Namun saat hendak pergi ke rooftop, aku melihat ada ruang aula yang cukup luas bagi yang berencana pergi rombongan atau memiliki acara dengan komunitas bahkan keluarga besar. Kondisi aula sangat bersih dan cukup luas.

foto: woodybed pangalengan
foto: woodybed pangalengan

Pelayanan

Kita tidak perlu khawatir untuk pelayanan di Woodybed Pangalengan. Semua staf yang mengurus penginapan beserta pengelola sangat membantu dan sigap atas permintaan tamu. Selain itu, Woodybed Pangalengan juga memberikan jasa antar ke tempat wisata beserta paket wisata seperti Arum Jeram dan Paintball (update per 28 September 2019). Saat aku menginap kemarin, aku memakai jasa antar ke Cukul Sunrise Point.

Lokasi Strategis

Terletak di Jl. Raya Pangalengan, Margamulya, lokasi Woodybed Pangalengan terbilang cukup strategis. Lokasinya tidak condong dekat di salah satu tempat wisata sementara jauh ke tempat wisata yang lain. Hal tersebut dikarenakan Woodybed Pangalengan berada di tengah-tengah tempat-tempat wisata yang sedang hits di Pangalengan.

Keterangan lengkap:

  • Situ Cileunca: ± 10 menit
  • Situ Datar: ± 15 menit
  • Kebun Teh Kertamana: ± 20 menit
  • Kebun Teh Malabar: ± 20 menit
  • Rahong: ± 20 menit
  • Cukul Sunrise Point: ± 30 menit

Overall, aku sangat puas terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Woodybed Pangalengan dengan harga yang cukup murah per malamnya. Bagi yang berencana menghabiskan akhir pekan di Pangalengan atau berencana berlibur bersama keluarga besar ke Pangalengan, tidak ada salahnya untuk coba bermalam di Woodybed Pangalengan.

Catatan Pengalaman:

Penginapan ini mungkin belum begitu dikenal oleh Google karena masih cukup baru atau belum ada review sebab ketika aku melakukan pencarian di Google, penginapan ini tidak muncul. Aku menemukan penginapan ini melalui tagar di instagram. Saat melihat akun instagramnya pun agak ragu karena jumlah followers yang masih sedikit, tidak ada tanda di field tag instagram dari tamu, juga tidak ada repost testimoni atau di highlight instagram. Agak sayang apabila orang-orang yang ingin menginap di sini menjadi ragu karena hal-hal tersebut karena penginapan ini sangat perlu untuk dicoba. Bagi teman-teman yang kebetulan menemukan artikel ini, mangga dicoba bermalam di penginapan ini, jangan ragu 🙂

Author: Kartini

a beautiful girl didn't flirt, she simply smile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.