Jangan Sampai Salah Pilih Travel Umroh dengan Mengetahui Tips-tipsnya

Mengunjungi tanah suci untuk dapat umroh atau beribadah haji merupakan cita-cita seluruh umat muslim di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan saat ini, ibadah umroh semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat muslim sehingga banyak juga perusahaan yang memberikan jasa atau biro perjalanan umroh mulai dari pemberangkatan sampai kepulangan ke tanah air. Perusahaan yang memberikan jasa atau biro perjalanan umroh disebut travel umroh.

Travel umroh berlomba-lomba untuk memberikan jasa atau pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon Jemaah sehingga perjalanan ibadah para Jemaah pun menjadi sangat berarti dan penuh kekhusyukan. Namun di balik itu, tidak sedikit pula oknum-oknum yang melakukan kecurangan dari adanya permintaan jasa travel umroh yang banyak sehingga tidak sedikit kasus penipuan agen travel umroh seperti membawa kabur uang calon Jemaah sehingga calon Jemaah tersebut harus mengubur mimpinya untuk dapat beribadah ke tanah suci.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan seperti itu, kita perlu tahu bagaimana memilih travel umroh yang baik. Berikut adalah tips-tips dalam memilih agen travel umroh:

Pilih Travel Umroh Resmi yang Jelas Legalitasnya

Setiap perusahaan yang didirikan pasti memiliki bentuk badan usaha masing-masing. Dalam bisnis travel umroh, bentuk badan usaha berupa Kepariwisataan. Legalitas perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang memenuhi persyaratan undang-undang dinyatakan sebagai bentuk usaha yang sah. Legalitas perusahaan adalah dimana perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun dinyatakan sah secara hukum. Agen travel umroh yang resmi alias tidak tipu-tipu tentunya sudah jelas legalitasnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk mengecek legalitas travel umroh yang kita pilih:

  1. Cek daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang resmi dengan
    meminta daftarnya dari kantor Departemen Agama setempat. Selain itu, kita bisa mengeceknya secara online di website kementerian agama melalui link: https://simpu.kemenag.go.id . Kita juga bisa menanyakan info tentang travel umroh yang telah berizin ke call center haji di 1500-525. Nah, untuk Ahsanta Tour & Travel sudah memiliki legalitas. Kita dapat mengeceknya secara online di website kementerian agama.
  2. Kita juga harus memastikan travel umroh yang akan kita pilih memiliki kelengkapan izin sebagai travel umroh dengan adanya dokumen-dokumen berikut:
    • SK Menteri Kehakiman: Akta Pendirian Perusahaan
    • Surat Izin Usaha Kepariwisataan
    • Tanda Daftar Perusahaan
    • NPWP Perusahaan
    • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
    • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
    • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
    • Sertifikat Anggota Amphuri
    • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
Ahsanta Tours & Travel sudah memiliki dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai kelengkapan izin sebagai travel umroh. Sumber: website Ahsanta Tour & Travel
Ahsanta Tours & Travel ditemukan dalam pencarian PPIU di website Kemenag

Periksa Alamat Kantor Pusat Travel

Apa susahnya sih tinggal mencantumkan alamat, tapi ternyata alamat palsu. Nah, supaya yang seperti itu tidak kejadian, sebelum menetapkan keputusan untuk memakai jasa travel umroh, tentunya kita perlu memeriksa keberadaan kantor travel terlebih dahulu. Kita dapat mendatangi alamat yang tertera dan survey langsung bagaimana keadaan kantor travel tersebut. Apakah memadai untuk dapat dikatakan sebagai kantor travel umroh.

Alamat Kantor Pusat Ahsanta Tours & Travel tercantum di website

Selain itu, biasanya Kantor Travel Umroh yang benar ada keberadaannya, kita akan mudah menemukannya di google. Dari sana kita dapat melihat foto-foto yang diunggah oleh pemilik maupun oleh konsumen yang sudah pernah datang. Kita juga dapat melihat review yang diberikan oleh konsumen yang pernah memakai jasa di Travel Umroh tersebut.

Ahsanta Tours & Travel sudah dikenali oleh Google

Menelusuri Rekam Jejak dan Jadwal Umroh yang Pernah Dilaksanakan

Melihat tanggal berdirinya

Ketika kita sakit dan diberikan kesempatan untuk memilih satu di antara dua orang dokter dimana dokter yang pertama memiliki jam praktek yang lebih lama dengan jumlah pasien yang lebih banyak dari dokter yang ke dua, manakah yang akan kita pilih untuk mengobati kita? Tentunya dokter yang pertama karena pertimbangan memiliki jam praktek yang lebih lama dan menangani pasien dengan jumlah yang lebih banyak, dengan harapan dapat mengobati kita dengan lebih baik dari dokter yang ke dua.

Begitu pula dengan travel umroh, kita dapat mengecek tanggal berdirinya. Semakin lama travel umroh berdiri dapat dikatakan lebih berpengalaman dan lebih dipercaya.

Melihat testimoni dari Jemaah yang telah memakai jasa travel tersebut

Di zaman digital dan serba online ini, kita tidak lagi kesulitan dalam melihat terstimoni dari Jemaah yang telah memakai jasa travel tersebut. Semakin banyak testimoni positif dan semakin banyak Jemaah yang puas, dapat kita pastikan kalau travel umroh tersebut layak kita pilih.

Review dari website Ahsanta Tours & Travel

 

Review dari Google
Testimoni dari Instagram Official Ahsanta Tours & Travel

Lihat jadwal penyelenggaraan umroh yang telah dilaksanakan

Jadwal penyelenggaraan umroh yang telah dilaksanakan oleh agen travel umroh juga dapat menjadi tolok ukur yang perlu kita diperhatikan. Hal-hal yang perlu dipastikan adalah seperti jumlah perjalanan ibadah umroh yang dijalankan, tingkat kerutinan pemberangkatan Jemaah, dan kepastian jadwal pemberangkatan Jemaah. Hal ini menyangkut kualitas, kapabilitas dan kekuatan yang melahirkan kepuasan Jemaah dalam pelayanan travel umroh tersebut.

Jadwal keberangkatan yang telah dilaksanakan. Sumber: instagram.com/ahsantatravel
Jadwal keberangkatan yang telah dilaksanakan. Sumber: instagram.com/ahsantatravel

Pastikan juga travel umroh yang dipilih bisa memberikan jadwal keberangkatan yang pasti, mulai dari tanggal, waktu keberangkatan, bandara dan bus yang digunakan untuk pemberangkatan. Jadwal ini bisa dipastikan karena setiap travel umroh resmi sudah mendapatkan kuota visa untuk setiap tanggal keberangkatan. Kuota visa inilah yang membuat agen travel tersebut berani membooking tiket pesawat pulang pergi, serta hotel dan berbagai keperluan haji lainnya.

jadwal keberangkatan Ahsanta Tour & Travel untuk 10 Oktober 2019 sumber: instagram.com/ahsantatravel

Tanyakan Ada atau Tidaknya Pembimbing Saat Ibadah Umroh

Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah Umroh yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci. Keberadaan pembimbing dirasa sangat penting bagi Jemaah. Dengan pembimbing yang selalu menemani maka kita tidak kesulitan saat beribadah. Pembimbing bertanggungjawab baik untuk keselamatan dan ibadah Jemaah, juga mengarahkan Jemaah dalam memenuhi rukun Umroh, memandu saat Jemaah berkunjung ke tempat wisata, bahkan pembimbing dapat menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat sehingga Jemaah tidak akan kesulitan saat beribadah di Tanah Suci.

setiap paket yang diberikan Ahsanta Tours selalu ada pendamping. sumber: website Ahsanta Tours & Travel

Jangan Percaya dengan Janji Keberangkatan

Berbeda dengan haji yang hanya dapat dilakukan dalam beberapa waktu yaitu antara tanggal 8 Dzulhijjah – 12 Dzulhijjah setiap tahunnya dan memiliki kuota yang terbatas sehingga membuat Jemaah yang ingin berangkat harus menunggu, umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun). Sehingga kita perlu mewaspadai agen travel umroh yang menjanjikan keberangkatan satu, dua atau beberapa tahun lagi.

Pastikan Mendapatkan VISA yang Sesuai

Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Di Arab Saudi, visa merupakan dokumen perjalan yang sangat penting sebagai syarat izin masuk. Pengurusan visa untuk ibadah umroh idealnya merupakan bagian dari fasilitas yang diberikan oleh travel umroh kepada calon Jemaah. Sebelum berangkat, pastikan visa telah diurus sehingga ketika mendarat di Arab Saudi tidak akan mendapatkan masalah keimigrasian.

pelayanan Ahsanta Tours & Travel termasuk pengurusan Visa. sumber: instagram.com/ahsantatravel

Travel umroh yang memiliki kualitas dan kapabilitas mampu memberikan jaminan pengurusan visa sampai tuntas untuk calon Jemaah.

Cek Ulang Hotel yang Dijanjikan akan Ditempati

Saat beribadah di tempat suci, tentunya kita membutuhkan tempat untuk istirahat dan tidur. Hotel merupakan paket yang masuk ke dalam perjalanan ibadah umroh. Kita dapat mengecek hotel yang dijanjikan akan ditempati saat beribadah melalui google maps atau aplikasi yang serupa. Kita harus pastikan bahwa nama, lokasi, dan rating hotel sesuai dengan keterangan dari pihak travel.

Hotel yang akan disediakan oleh Ahsanta Tours & Travel. sumber: website Ahsanta Tours & Travel

Cek Cara Pembayaran

Umumnya, travel umroh resmi selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Kita harus memastikan bahwa travel umroh yang kita pilih memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi sehingga kita perlu berhati-hati jika menemui travel umroh yang meminta calon Jemaah untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadinya.

Cara pembayaran di Ahsanta Tours & Travel melakukan transfer ke rekening milik Perusahaan

Dari tips-tips yang telah disampaikan di atas, Ahsanta Tours & Travel yang merupakan agen resmi travel umroh, memenuhi semua persyaratan sebagai agen travel umroh yang layak kita pilih dan berikan kepercayaan untuk perjalanan ibadah ke tanah suci. Sesuai dengan tagline-nya “Beri Bukti, Bukan Janji!”, Ahsanta Tours & Travel telah memberikan banyak bukti pelayanan-pelayanan yang memuaskan dari sebelum keberangkatan sampai kepulangan kembali ke tanah air.

Author: Kartini

a beautiful girl didn't flirt, she simply smile

4 thoughts on “Jangan Sampai Salah Pilih Travel Umroh dengan Mengetahui Tips-tipsnya

  1. Tulisan yang bagus, berhubung diluaran sana banyak travel umroh kalengan..
    Jd pas baca tulisan ini berasa di pandu buat hati2.
    Thank u, so useful 💕😍

  2. Informasi yang bagus Kartini.
    Kamu penulis yang hebat. Bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang.

    InsyaAllah aku dan keluarga ku diberikan kesempatan untuk Umroh dan Haji . Aamiin ya rabb 😇

  3. Infofrmasinya sangat bermanfaat. Memang kita perlu sangat berhati-hati sebab kita mengeluarkan uang yang lumayan besar. Apalagi jika niat baik kita beribadah kandas karena ditipu.
    Terima kasih untuk tulisannya yg sangat bermanfaat 😉

  4. Wah bermanfaat sekali kak, banyak masyarakat yang tertipu travel abal-abal. Semoga tulisan ini banyak dibaca masyarakat supaya tidak terjadi lagi uang jama’ah dibawa kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.