Parasite: Mimpi Penghuni Basement

Film ini bercerita tentang Keluarga Kim yang terdiri dari ayah Kim Ki-taek (Song Kang-ho), ibu Park Chung-suk (Jang Hye-jin), seorang putra Kim Ki-woo (Choi Woo-shik), dan seorang putri Kim Ki-jeong (Park So-dam). Mereka tinggal di sebuah bajinha, pemukiman semi-bawah tanah yang kecil dan kumuh atau mereka sering menyebutnya basement. Saking rendahnya, sering kali jendela rumah mereka menjadi tempat pria mabuk buang air kecil. Pekerjaan harian mereka sekeluarga adalah melipat kotak pizza dengan penghasilan yang sangat kecil sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Keluarga Kim

Suatu hari, teman Ki-woo yang bernama Min-hyuk (Park Seo-joon) mengunjungi keluarga Kim dan membawa “batu keberuntungan” untuk diberikan kepada keluarga Kim. Min-htuk memberitahu Ki-woo bahwa ia berencana menuntut ilmu ke luar negeri sehingga ia memberi saran kepada Ki-woo agar menggantikannya sebagai guru privat bahasa Inggris Park Da-hye (Jung Ji-so), seorang anak perempuan berusia remaja dari keluarga kaya Park Dong-ik (Lee Sun-kyun). Park Dong-ik memiliki istri bernama Choi Yeon-gyo (Jo Yeo-jeong) dan juga seorang putra bernama Park Da-song (Jung Hyun-joon). Keluarga Park juga memiliki seorang asisten rumah tangga yang sudah bekerja dari keluarga sebelum-sebelumnya. Ki-woo menerima saran dari Min-hyuk.

Ki-woo dan Minhyuk

Dengan meminta bantuan Ki-jeong, Ki-wook memanipulasi CV miliknya sebelum diserahkan kepada Choi Yeon-gyo. Ia menyamar dengan nama Kevin. Beruntung, Choi Yeon-gyo menyukai Ki-wook sehingga ia pun dipekeriakan sebagai guru privat bahasa Inggris Da-hye.

Kevin dan Da-hye

Sejak itu, Ki-woo mulai mempengaruhi Yeon-gyo agar merekrut seorang guru privat seni untuk Da-song. Ki-woo pun memberikan saran agar merekrut temannya yang bernama Jessica dimana Jessica ini tidak lain adalah adiknya sendiri, Ki-jeong. Setelah Jessica berhasil menjadi guru privat untuk Da-song, Ki-jeong memfitnah supir pribadi Dong-ik sehingga supir pribadinya pun dipecat. Ki-jeong memberikan rekomendasi supir pribadi bekas pamannya yang mana adalah ayahnya sendiri Kim Ki-taek.

Tidak berhenti di situ, mereka pun berusaha untuk memasukkan Chung-suk agar dapat menjadi asisten rumah tangga di keluarga Park. Mereka memfitnah asisten rumah tangga sebelumnya Mun-gwang (Lee Jung-eun) dengan mengatakan bawa Mun-gwang mengidap tuberculosis dengan memanfaatkan alergi yang dideritanya.

 

 

Da-song

Setelah berhasil menendang Mun-gwang, kini Chungsuk masuk ke rumah keluarga Park. Dalam kata lain, keluarga Kim berhasil menguasai rumah keluarga Park. Ditambah Da-hye menyukai Ki-woo membuat keluarga Kim semakin ingin menguasai rumah keluarga Park.

Mun-gwang

Masalah timbul saat Dong-ik mengajak seluruh keluarganya berkemah di luar untuk merayakan ulang tahun Da-song. Ketika itu, Yeon-gyo menitipman rumahnya kepada Chung-suk. Namun apa yang diperbuat Chung-suk, ia membawa masuk suami dan anak-anaknya untuk berpesta semalam suntuk di rumah keluarga Park. Mereka berangan-angan agar selamanya dapat menguasai rumah tersebut.

Park Dong-ik dan Choi Yeon-gyo

Sampai ketika Mun-gwang datang dan meminta izin untuk masuk kembali ke rumah keluarga Park karena ada hal yang harus ia ambil. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Chun-suk mengizinkan Mun-gwang masuk ke dalam rumah sementara suami dan anak-anaknya bersembunyi agar tidak ketahuan. Setelah masuk ke dalam rumah, Mun-gwabg langsung berjalan menuju basement keluarga Park. Ternyata di dalam basement ada seorang laki-laki yang tidak lain adalah suami Mun-gwang yang disembunyikan selama Mun-gwang bekerja di rumah tersebut.

Apa yang terjadi setelahnya? Apakah keluarga Kim berhasil menguasai rumah keluarga Park? Bagaimana kelanjutan dari suami Mun-gwang?

Film yang memenangkan penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2019 ini worth it to watch!!! Sensasi thrilernya sangat ngena dan membuat siapapun yang menonton akan menahan napas sejenak. Selain itu, film ini penuh dengan satire untuk kondisi sosial yang dapat ditemukan dimanapub. Jadi, tunggu apa lagi?

Author: Kartini

a beautiful girl didn't flirt, she simply smile

1 thought on “Parasite: Mimpi Penghuni Basement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.